Macam-macam lipatan dan sampul surat


Surat yang hendak dikirimkan pada pihak yang dituju, maka sebelumnya perlu untuk dilipat terlebih dahulu. Lipatan surat ini dimaksudkan agar surat jadi tampak lebih rapi, sekaligus untuk memudahkan bila hendak dimasukkan dalam amplop.
Meski hanya sekedar melipat surat, tapi cara melipat surat ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Terutama, jika surat tersebut dibuat secara formal atau resmi untuk kegiatan dinas atau pun perniagaan.
Cara melipat surat atau bentuk lipatan surat ini pada dasarnya ada berbagai macam. Bagi seorang yang berkecimpung dalam kegiatan administrasi perkantoran, baik dalam instansi dinas mau pun swasta, mengetahui berbagai macam cara melipat surat adalah hal penting.
Karenanya, pengetahuan ini pun juga menjadi salah satu materi penting bagi para siswa sekolah menengah kejuruan, terutama di jurusan administrasi perkantoran. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui macam – macam bentuk lipatan surat yang ada, berikut rangkumannya untuk kamu.
  1. Cara melipat surat bentuk Standard Fold
  2. Cara melipat surat bentuk Low Standard Fold
  3. Cara melipat surat bentuk Accordion Fold
  4. Cara melipat surat bentuk Low Accordion Fold
  5. Cara melipat surat bentuk Single Fold
  6. Cara melipat surat bentuk Parallel Fold
  7. Cara melipat surat bentuk Baronial Fold
  8. Cara melipat surat bentuk French Fold (with vertical Crease)
Macam – Macam Cara Melipat Surat

Dari beberapa cara melipat surat atau bentuk lipatan surat yang disebutkan di atas, bentuk lipatan surat yang paling sering dipergunakan pada surat dinas dan surat niaga adalah bentuk accordion fold dan bentuk standar fold, karena dinilai lebih praktis dan mudah.
Macam – macam model sampul surat
Selain mengetahui macam – macam cara melipat surat, mengetahui aneka macam sampul surat juga adalah hal yang penting. Surat yang telah dilipat dan hendak dikirimkan, tentu perlu untuk disampuli atau dimasukkan ke dalam sampul. Terutama, untuk jenis surat sampul yang isinya tidak boleh sembarangan dibaca oleh pihak yang bukan tujuan surat.
Macam jenis atau model sampul surat pun ada banyak. Diantara banyak macam model sampul surat ini, untuk surat niaga dengna kertas folio atau kwarto, biasanya sampul surat yang digunakan adalah ukuran standar yakni 12 cm x 15 cm. Jenis sampul surat standar sering dipilih karena memang banyak dijual di toko – toko buku.
Sebagai tambahan, surat yang dikirimkan untuk tujuan tertentu, terkadang ada juga yang dikirimkan tanpa dilipat terlebih dahulu, atau dalam bentuk lembaran surat utuh tanpa lipatan. Untuk surat yang dikirimkan tanpa menggunakan lipatan, bentuk sampul suratnya pun juga harus menyesuaikan, yakni model sampul surat dengan ukuran yang besar.
Berikut ini adalah macam – macam model sampul surat yang dapat digunakan dalam kegiatan surat menyurat :
1.      Model sampul surat commercial
2.      Model sampul surat visiting card
3.      Model sampul surat drug
4.      Model sampul surat bifold
5.      Model sampul surat card
6.      Model sampul surat doublefold
7.      Model sampul surat air mail
8.      Model sampul surat open end
9.      Model sampul surat coin
10.  Model sampul surat window
11.  Model sampul surat official
12.  Model sampul surat postage saver
13.  Model sampul surat pence
14.  Model sampul surat work docket
15.  Model sampul surat catalogue
16.  Model sampul surat button and string
17.  Model sampul surat eyelet and clasp
18.  Model sampul surat invoice tag
19.  Model sampul surat church
20.  Model sampul surat x – ray
21.  Model sampul surat receipt and wage

Macam – macam model sampul suratMacam – macam model sampul surat


Pada sampul surat, ada juga hal – hal yang perlu diperhatikan, terutama terkait penulisan alamat tujuan surat. Penulisan alamat pada sampul surat bentuknya juga harus disesuaikan dengan bentuk alamat dalam surat. Jadi, semisal surat ditulis dengan menggunakan bentuk ‘indented’, maka pada alamat yang ditulis di sampul surat juga harus ditulis dalam bentuk ‘indented’.

SEMOGA BERMANFAAT,TERIMAH KASIH

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perlengkapan dan alat-alat dalam penanganan surat